10 Tips Mengatasi Mental Ayam Sabung Muda

Posted on

10 Tips Mengatasi Mental Ayam Sabung Muda10 Tips Mengatasi Mental Ayam Sabung Muda

Mengatasi Mental Ayam Sabung – Pembaca yang terhormat, sampai jumpa lagi dengan penulis yang akan dengan senang hati berbagi wawasannya tentang dunia hewan ternak dan perawatannya. Kali ini seperti biasa penulis akan membahas salah satu hewan ternak favorit. Baik untuk penyakit maupun untuk makanan manusia, yaitu ayam.

Teman-teman yang mengerti tentang ayam dan jenisnya tentunya akan mengerti sekarang bahwa ayam mempunyai manfaat yang berbeda-beda bagi manusia, baik saat memberi makan maupun dalam persaingan sabung ayam. Nah kawan-kawan, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas secara khusus ayam muda yang tidak memiliki mentalitas kuat untuk melawan atau bahkan mengalami penurunan mental, berikut 10 Tips Mengatasi Mental Ayam Sabung Muda.

Panduan Mengatasi Ayam Sabung Muda Turun Mental

1. Kemampuan Mental Ayam
Ayam jago tempur yang bermental dan berani tentu saja menjadi senjata utama yang bisa digunakan ayam jantan petarung untuk bisa bersaing dan menjadi juara dalam persaingan. Tentu saja, ketika seorang teman memiliki ayam jago petarung yang masih muda, dia mengalami masa dimana dia merasa tidak dapat bertarung karena dia tidak memiliki pengalaman, dan dia merasa lemah ketika melihat ayam aduan lain yang lebih tua.

Secara umum ayam jago aduan akan memiliki mentalitas yang kuat sejak umur 7 bulan, namun tidak jarang ditemukan ayam aduan yang sudah berumur lebih dari 7 bulan namun tidak memiliki mentalitas yang kuat akibat pengalaman, masalah lingkungan ataupun gangguan terkait hewan lainnya seperti anjing. . Oleh karena itu, peternak harus mencari cara untuk mengatasi masalah ini agar naluri alaminya berkembang

Meningkatkan mentalitas anak ayam aduan

2. Pisahkan Kandang
Cara pertama untuk meningkatkan mentalitas anak ayam aduan adalah dengan memberikan kandang khusus dan memisahkannya dari ayam aduan lain yang lebih dewasa, hal ini untuk mengurangi resiko ayam muda berkelahi dengan saudara kandungnya.

Saat ayam muda bercampur dengan ayam lain, umumnya yang merasa lebih baik atau bertubuh lebih kuat secara refleks akan menekan dan memukuli ayam lain. Hal tersebut dapat membuat ayam muda lemah secara psikologis karena terbiasa menyerah dan tidak berani melawan.

3. Kandang Isolasi
Hal ini dilakukan untuk ayam muda yang lemah mental, yaitu tidak berani melawan ayam lain dan tidak mau minum. Dia harus ditempatkan di kandang yang terisolasi, yaitu kandang tertutup di mana dia sama sekali tidak bisa melihat ayam lain.

4. Jamu Khusus Ayam Aduan
Obat herbal herbal untuk adu ayam adalah minuman yang terbuat dari kunyit, gula merah dan madu yang diramu menjadi satu dan dicampur dengan minuman atau disajikan langsung, hal ini bermanfaat bagi ayam yang mungkin mengalami masalah pada organ dalamnya karena sudah terbiasa menyerah dan enggan menyerah. . Saat bertarung, ramuan tersebut akan memulihkan kekuatan dan daya tahan tubuhnya, membuat tubuhnya lebih sehat.

Tips Menyembuhkan Mental Ayam

5. Berikan Pakan Binatang Hidup
Cara lain untuk mengatasi mentalitas paha ayam adalah dengan mencoba memberinya makan secara langsung dengan hewan hidup agar dia lebih agresif dan mau berkelahi, meskipun pada tahap awal melawan hewan yang jauh lebih lemah dari pada awalnya.

Makanan hidup adalah jangkrik, katak kecil atau tikus muda. Biarkan anak ayam Anda mengejar makanan untuk memperkuat mentalitas mereka dalam mencari mangsa yang akan mempengaruhi keterampilan dan semangat juang mereka.

6. Tingkatkan Pemberian Pakan
Selain menyuplai hewan hidup secara langsung, makanan sehat yang harus dimakan ayam muda adalah jagung, nasi, dan nasi merah. Anda juga bisa menambahkan sayuran, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Dengan cara ini, tubuhnya akan terpelihara secara maksimal. Sajikan sesuai jadwal makan dan jangan berlebihan agar tidak menjadi ayam muda yang malas.

7. Adaptasi dengan Ayam Aduan Lain
Ketika Anda melihat anak ayam Anda, Anda mulai memiliki mentalitas yang kuat yang ditandai dengan tubuh mereka yang lebih sehat, berkokok di pagi hari dan keberanian untuk bereaksi ketika mereka mendengar suara ayam lain berkelahi, dan Anda menjadi bersemangat setiap kali mereka mengejar mangsanya, mulai memperkenalkan mereka kembali ke sekelilingnya dan bercampur dengan ayam jantan petarung lainnya untuk membiasakan diri dan belajar bertarung.

Cara Mengatasi Ayam Turun Mental

8. Latihan Tarung
Latihan tarung merupakan cara agar ayam muda secara mental lebih agresif dan galak, mereka akan memiliki pengalaman dan perlahan-lahan meningkatkan mentalitas dan keberaniannya, selain itu ayam muda juga akan memiliki otot yang lebih kuat, nafas yang lebih panjang dan memiliki teknik bertarung yang lebih baik. bagus karena mereka terbiasa berurusan dengan lawan. Lakukan ini secara bertahap, dimulai dengan mencocokkan dia dengan ayam yang setara dengan ayam yang lebih tua darinya.

9. Lakukan Evaluasi
Ketika ayam muda Anda sudah sering dilatih bertempur, jangan lupa untuk mengevaluasi perkembangannya. Sejauh mana dia mampu melawan dan menyingkirkan ketakutannya. Latih terus-menerus untuk percaya diri dan terbiasa bertarung, berikan dia makanan terbaik dan lingkungan yang nyaman.

10. Kenalkan dengan Arena Lomba
Walaupun tidak bertanding, ajak dia jalan-jalan di arena pacuan ayam untuk melihat ayam lain yang lebih berpengalaman. Hal ini melatih keberaniannya yang ditandai dengan merespon tantangan ayam aduan lainnya. Sehingga ia terbiasa berlomba. Dan benar-benar siap untuk dikalahkan atau ditantang suatu hari nanti.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca semua. Dan bisa dipraktekkan langsung pada ayam aduan muda agar nantinya mendapatkan kualitas yang lebih baik. Dan menjadi ayam aduan yang tangguh. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Baca juga :Trik Dan Tips Mudah Menang Sabung Ayam Online